Pages

Selasa, 24 Juni 2014

Contoh RPP Sejarah kurikulum 2013


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan                  : Sekolah Menengah Atas (SMA)
Nama Sekolah                         : SMA Negeri Jumapolo
Mata Pelajaran                        : Sejarah
Kelas/Semester                        : X/I
Topik                                       : Masa Pra Aksara di Indonesia
Pertemuan                               :  Ke 2
Alokasi Waktu                        : 2 x 45 menit

A.      Kompetensi Inti 
1.        Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
2.        Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.        Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.        Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.       Kompetensi Dasar
1.2 Menghayati keteladanan para pemimpin dalam mengamalkan ajaran agamanya.
2.1 Menunjukkan sikap tanggungjawab, peduli terhadap berbagai hasil budaya pada zaman pra aksara, Hindu-Buddha dan Islam.
3.2  Memahami corak kehidupan masyarakat pada zaman pra aksara.
4.2 Menyajikan hasil penalaran mengenai corak kehidupan masyarakat pada zaman praaksara dalam bentuk tulisan.

C.      Indikator Pencapaian Kompetensi
1.      Menganalisis pola kehidupan dan kebudayaan pada masa praaksara.
2.      Menganalisis hasil-hasil peninggalan kehidupan dan kebudayaan pada masa praaksara.

D.      Tujuan Pembelajaran
1.      Melalui kegiatan mengamati gambar yang ditayangkan, peserta didik mampu menganalisis pola kehidupan dan kebudayaan pada masa praaksara.
2.      Melalui kegiatan diskusi, peserta didik mampu menganalisis pola kehidupan dan kebudayaan pada masa praaksara.
3.      Melalui kegiatan diskusi, peserta didik mampu menganalisis hasil-hasil peninggalan kehidupan dan kebudayaan pada  masa praaksara.

E.       Materi Ajar
1.      Awal kehidupan masyarakat Indonesia.
2.      Asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia.
3.      Hasil-hasil peninggalan kehidupan dan kebudayaan pada masa praaksara.

F.       Metode Pembelajaran
1.  Pendekatan pembelajaran   : Scientific
2.  Model pembelajaran           : Quantum
3.  Model pembelajaran           : Penemuan, Discovery Learning, dan Penugasan

G.      Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan
Deskripsi
Abstraksi waktu
1.    Pendahuluan
a.    Memberikan salam
b.    Menanyakan kepada siswa kesiapan dan kenyamanan untuk belajar.
c.    Menanyakan kehadiran siswa.
d.   Mempersilahkan salah satu siswa memimpin doa.
e.    Tanya jawab pemahaman materi peserta didik mengenai masa praaksara.
f.     Menyampaikan tujuan pembelajaran kepada peserta didik.


15 menit
2.   Inti
Mengamati :
a.       Membaca buku dan melalui PowerPoint, mengamati gambar atau peta tentang pola kehidupan dan kebudayaan pada masa praaksara
b.      Membaca buku dan media PowerPoint, mengamati gambar atau peta tentang perkembangan, proses masuknya, dan pengaruh Hindu, Buddha, dan Islam di Indonesia,  serta berbagai peninggalan-peninggalannya.
Menanya :
Guru melakukan tanya jawab dengan siswa antara lain :
a.       Bagaimana pola kehidupan dan kebudayaan  pada masa praaksara ?
b.      Bagaimana perkembangan kehidupan masa praaksara ?
c.       Apa saja peninggalan-peninggalan hasil kebudayaan pada masa praaksara ?

Mengeksplorasi :
a.       Membuat kelompok, yang masing-masing kelompok terdiri dari 4 kelompok .
b.      Mengamati Peta Konsep yang telah tersedia tentang berbagai kebudayaan pada masa pra aksara.
c.       Mengidentifikasi hasil-hasil kebudayaan dan fikiran  masyarakat Indonesia pada masa pra aksara
Mengasosiasikan :
a.       Mendiskusikan deksripsi dari Peta konsep tentang hasil-hasil kebudayaan dan fikiran  masyarakat Indonesia pada masa praaksara, masa Hindu, Buddha, dan masa Islam dalam aspek geografis, ekonomi, budaya dan politik yang masih hidup dalam masyarakat sekarang.
Mengkomunikasikan :
a.    Setiap siswa menuliskan hasil diskusi sebagai laporan diskusi
b.    Siswa diberi kesempatan untuk membacakan hasil diskusinya untuk ditanggapi kelompok lain
c.    Memajang Peta Konsep di perpustakaan.
50 menit
3. Penutup
a.       Peserta didik diberikan ulasan singkat tentang kegiatan pembelajaran dan hasil belajarnya.
b.      Peserta didik dapat ditanyakan apakah sudah memahami materi tersebut.
c.       Peserta didik diberikan pertanyaan lisan secara acak untuk mendapatkan umpan balik atas pembelajaran yang baru saja dilakukan.
d.      Sebagai refleksi guru memfasilitasi peserta didik untuk membuat kesimpulan dari pembelajaran yang telah dilaksanakan.
e.       Guru memberikan tugas selanjutnya berupa portofolio mengenai hasil budaya manusia purba.
20 menit


H.      Alat dan Sumber Belajar
1.         Media :
a.       Power point (Gambar Kapak Corong, Kapak Perimbas, Dolmen, Menhir, Nekara, Sarkofagus, Kubur batu, gambar fosil manusia puba dan contoh hasil kebudayaan masa praaksara)
b.      LCD
c.       Lembar Kerja Siswa Kelas X SMA/MA

2.         Sumber Belajar :
a.       Cribb, Robert, Audrey Kahin. 2012. Kamus Sejarah Indonesia. Jakarta: Komunitas Bambu.
b.      Poesponegoro, Marwati Djoned, Nugroho Notosusanto. 1993. SNI Jilid I. Jakarta: Balai Pustaka.
c.       Setiawan, Iwan. Dkk. 2013. Ilmu pengetahuan Sosial Kelas X SMA/MA Kurikulum 2013. Jakarta: DepDikBud
d.      Herimanto. 2012. Sejarah Indonesia Masa Praaksara. Yogyakarta: Ombak




I.         Penilaian Proses dan Hasil Belajar
1.      Teknik                                     : Test, Non Test
2.      Bentuk                                     : Test tertulis dan Kinerja
3.      Instrumen Test Tertulis           : 10 soal objektif (terlampir)
4.      Kunci Jawaban                        : terlampir
5.      Pedoman Penilaian                  : terlampir
6.      Tugas                                       :Membuat artikel tentang manusia-manusia pendukung masa pra aksara




Text Box: Karanganyar, 21 Juni 2014
Praktikan,




Hanako Sukma Yoshisa
NIM. K4412028
Text Box: Mengetahui,
Kepala Sekolah




Dr. Nunuk Suryani.,  M.Pd     
NIP.
                     


     
                                                 


Lampiran 1. PETA KONSEP

Kehidupan Pada Masa Pra Aksara


Lampiran 2. Ringkasan Materi
Zaman
Hasil-hasil Kebudayaan
Cara Hidup dan Kemampuan Membuat Alat
Jenis Manusia Pendukung
Paleothikum
Budaya Pacitan
·         Kapak Penetak (chopper)
Kapak Perimbas
Budaya Ngandong
·         Alat-alat tulang dan taduk rusa
·         Flakes (alat-alat yang terbuat dari batu-batu kecil)
·         Food gathering tahap lanjut.
·       Semi nomaden.
·         Abrissous roche.
·         Kjokkenmoddinger
1)      Meganthropus Paleojavanicus
2)      Pithecanthropus Erectus
3)      Pithecanthropus Robustus
4)      Pithecanthropus Mojokertensis
5)      Homo Soloesis
6)      Homo Wajakensis
Mesolithikum
Budaya Bacson Hoabinh
·         Kapak Sumatra dan Kapak Genggam (Pebble Culture)
·         Alat yang terbuat dari tulang (Bone Culture)
·         Flakes
·         Kapak pendek
·         Food gathering tahap lanjut.
·         Semi nomaden.
·         Abris sous roche.
·         Kjokkenmoddinger
Papua Melanosoide
Neolithikum

Kapak lonjong
·         Kapak persegi
·         Kapak Bahu
·         Tembikar
·         Perhiasan
Massa food producing
·         Bercocok tanam
·         Nelayan
·         Beternak
Proto Melayu

Megalithikum
Kebudayaan Dongsong
·         Menhir
·         Dolmen
·         Sarkophagus
·         Manik – manik
·         Punden Berundak
·         Arca
·         Massa food producing
·         Bercocok tanam
·         Nelayan
·         Beternak
·         Tinggal menetap
Proto Melayu
Logam
·         Kapak crong
·         Candrasa
·         Nekara
·         Bejana Perunggu
·         Moko
·         Manik – manik
·         Perhiasan
·         Mengenal sistem perundagian
·         Perdagangan barter
Deutro Melayu

Lampiran 3. Soal Pilihan Ganda dan Jawaban
Tes:  
          Untuk soal nomor 1 sampai dengan 10 pilihlah salah satu jawaban yang paling benar dengan memberi tanda silang (X) pada huruf A, B, C, atau D
1)  Apakah yang di sebut dengan zaman manusia belum mengenal tulisan?
a)      Masa sejarah
b)      Masa bercocok tanam
c)      Masa praaksara                           
d)      Masa Arkhaikum
e)      Masa Pleistosen    
2)  Bekas-bekas/sisa-sisa makhluk hidup yang telah membatu karena proses kimiawi di sebut ...
a) Artefak
b) Ekofak
c) Fosil          
d) Stratigrafi
e)  Sejarah
3)  Berikut ini yang menunjukkan budaya masyarakat purba di Indonesia adalah ….
a)  Masyarakat purba telah mengenal sistim pertanian
b)  Masyarakat purba telah melakukan kegiatan perdagangan
c) Masyarakat purba telah pandai membuat alat-alat dari batu
d) Masyarakat purba telah hidup secara berkelompok dengan menggunakan peraturansederhana
e)  Masyarakat purba telah mengenal sistem perkawinan
4)  Nama lain zaman Batu Tua adalah….
a)  Paleolitikum
b)  Mesolitikum
c)  Neolitikum
d) Megalitikum
e)  Arkaekum
5)  Hidupnya berpindah-pindah, berburu, mengumpulkan makanan dan  perkakasnya dari tulang dan tanduk  yang masih kasar, ciri-ciri jaman....
a)  Paleolitikum
b)  Mesolitikum
c)  Neolitikum
d) Megalitikum Logam

6)  Tugu batu untuk memuja roh adalah…..
a)  Dolmen
b) Menhir
c)  Sarkofagus
d) Waruga
e) Kapak
7)  Menhir, waruga, sorkofagus adalah contoh bangunan kebudayaan….
a)  Megalitikum
b)  Neolitikum
c)  Mesolitikum
d) Paleolitikum
e)  Logam
8)  Pada masa apakah manusia purba hidupnya sudah menetap….
a)  Masa bercocok tanam
b)  Masa berburu dan meramu
c)  Zamanbatutua
d) Masa food gathering
e)  Masa sekarang
9)  Aktifitas meramu adalah…
a) Mengumpulkan makanan
b) Memuja roh nenek moyang
c) Berdagang antarpulau
d)Mencari binatang
e) Membuat bangunan
10)  Berikut adalah ciri-ciri kehidupan masyarakat nomaden, kecuali .........
a)  Sangat bergantung pada alam
b)  Hidup dari hasil mengumpulkan bahan makanan dan berburu
c)  Sering tinggal di gua dalam jangka waktu lama
d) Peralatan hidup masih sangat sederhana dan terbuat dari batu atau kayu
e)  Sudah mengenal agama


Lampiran 4. (Pedoman Penilaian)
Penghitungan Penilaian Soal Pilihan Ganda:
10 butir x 1  = 10

Lembar Pengamatan:
NO
INDIKATOR
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
Keterangan
1.       
Makalah  yang dikumpulkan sesuai dengan yang diminta



2.       
Ketepatan waktu mengumpulkan tugas



     3.
 Kerapian  tugas



    4.
Ketepatan komentar




Nilai rata-rata




KETERANGAN
NILAI  KUALITATIF
NILAI KUANTITATIF
Memuaskan (A)
4
    >80
Baik (B)
3
68 – 79
Cukup (C)
2
56 – 67
Kurang (D)
1
< 55

1 komentar:

  1. Casinos in Dallas, AR – Casino & Spa (JTA) - KT Hub
    The JTA 계룡 출장샵 in 남양주 출장마사지 Dallas, AR (JPI) 시흥 출장마사지 Casino 서울특별 출장안마 & Spa is the gateway to the gaming action, offering 전주 출장샵 live entertainment and gaming fun with casino guests

    BalasHapus